Menempati bangunan gedung yang andal, aman, sehat, dan nyaman tentu menjadi harapan banyak orang. Adapun salah satu tolok ukur keandalan bangunan gedung adalah dengan dimilikinya SLF atau sertifikat laik fungsi.

Sertifikat ini diterbitkan oleh pemerintah daerah terhadap bangunan gedung yang telah selesai dibangun sesuai dengan IMB atau PBG-nya. Di samping itu, supaya SLF dapat diterbitkan, bangunan gedung yang difungsikan harus lolos persyaratan kelaikan teknis.

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa konsultan SLF bangunan gedung? Pastikan Anda tidak salah memilih mitra. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih jasa konsultan SLF terbaik dan profesional. Untuk itu, simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Siapa yang menerbitkan SLF?

Pertama-tama, sebelum kami membahas lebih jauh mengenai cara memilih konsultan SLF terpercaya, terdapat poin-poin penting yang harus Anda perhatikan.

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, SLF atau sertifikat laik fungsi diterbitkan langsung oleh pemerintah daerah untuk bangunan gedung yang sudah diperiksa dan dinyatakan laik secara fungsi.

Pemeriksaan kelaikan fungsi dan keandalan bangunan gedung ini dapat dilakukan oleh TABG (tim ahli bangunan gedung), tim pengkaji teknis, atau konsultan SLF yang sudah mengantongi izin dalam pemeriksaaan kelaikan bangunan gedung.

Normalnya, pengurusan SLF ini memakan waktu paling cepat 90 hari kerja. Kondisi ini pun tergantung dengan kelengkapan dokumen administrasi yang dimiliki oleh pemohon/pemilik bangunan gedung, luas bangunan gedung, dan fungsi bangunan gedung.

Jika tim pengkaji teknis atau penyedia jasa konsultan SLF menyatakan bangunan gedung telah memenuhi persyaratan kelaikan fungsi, pemerintah daerah dapat segera menerbitkan SLF.

Namun, jika masih terdapat komponen atau aspek yang belum laik atau belum memenuhi standar, pemilik/pengguna bangunan gedung wajib untuk memenuhi hasil rekomendasi penilaian.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa sertifikat laik fungsi ini dapat diberikan jika bangunan gedung yang diperiksa oleh konsultan SLF telah memenuhi persyaratan kelaikan fungsi, baik dari sisi administrasi maupun penilaian teknis.

Persyaratan yang harus Anda siapkan

Dalam mengurus SLF bangunan gedung, terdapat dua persyaratan utama yang wajib Anda siapkan. Simak penjelasan di bawah ini supaya Anda mendapatkan gambaran yang jelas mengenai persyaratan yang wajib dipenuhi.

a. Persyaratan administrasi

Adapun persyaratan administrasi pengurusan SLF bangunan gedung adalah sebagai berikut:

  1. Bukti status hak atas tanah atau surat perjanjian pemanfaatan apabila pemilik bangunan gedung bukan pemegang hak atas tanah.
  2. Status kepemilikan bangunan gedung yang dilengkapi dengan KTP pemilik.
  3. Dokumen IMB (Izin Mendirikan Bangunan) atau PBG (Persertujuan Bangunan Gedung).
  4. Surat permohonan kelaikan fungsi bangunan, dan
  5. Dokumen as built drawing

b. Persyaratan teknis

Adapun persyaratan teknis bangunan gedung yang akan diminta oleh pemerintah daerah adalah sebagai berikut:

  1. Persyaratan peruntukan bangunan gedung, yang merupakan kesesuaian fungsi dengan peruntukan dalam rencana tata ruang wilayah kabupaten/kota, rencana detail tata ruang kabupaten/kota, serta rencana tata bangunan dan lingkungan.
  2. Persyaratan intensitas bangunan gedung, yang meliputi kepadatan, ketinggian, dan jarak bebas bangunan gedung.
  3. Persyaratan arsitektur bangunan gedung, yang meliputi penampilan, tata ruang dalam, keseimbangan, keserasian, serta keselarasan bangunan gedung dengan lingkungannya, dan
  4. Persyaratan pengendalian dampak lingkungan, merupakan persyaratan izin lingkungan dan pengelolaan limbah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Tips Memilih Jasa Konsultan SLF Bangunan Gedung
Sebagian besar waktu manusia banyak dihabiskan untuk kegiatan yang dilakukan di dalam ruangan. Oleh karena itu, setiap bagian dari ruangan harus ditata dan dirancang secara baik dan benar agar penggunanya dapat bekerja secara nyaman.

Tips memilih konsultan SLF profesional

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, adapun yang berhak untuk melakukan penilaian terhadap kelaikan bangunan gedung adalah tim ahli bangunan gedung, pengkaji teknis, atau konsultan SLF.

Untuk itu, pastikan Anda untuk mengecek kredibilitas mitra yang akan dilibatkan dalam pengurusan SLF bangunan gedung.

Selain itu, terdapat poin-poin penting lainnya yang dapat Anda pertimbangkan saat ingin memilih konsultan SLF. Simak ulasan berikut ini, ya!

1. Cek profil perusahaan beserta legalitasnya

Saat ini, banyak lembaga ataupun perorangan yang mengaku bahwa dirinya adalah perusahaan/tim ahli yang berpengalaman dalam pengurusan SLF. Sebagai contoh, saat Anda mencari penyedia jasa atau konsultan SLF di internet, akan muncul banyak situs yang menggunakan kata kunci tersebut.

Namun perlu diingat, saat Anda memilih konsultan SLF bangunan gedung, tentunya tidak boleh dilakukan secara sembarangan, apalagi tergiur dengan pemberian harga yang murah.

Mengapa demikian? Hal ini karena hasil penilaian uji kelaikan bangunan gedung tidak hanya sebatas menyerahkan laporan saja. Melainkan harus diuji keabsahannya dan dipaparkan di hadapan tim ahli bangunan gedung yang telah ditunjuk oleh pemerintah daerah.

Jika Anda sudah mendapatkan informasi melalui internet, cobalah untuk melakukan review terkait profil perusahaan yang akan Anda libatkan sebagai mitra. Pastikan juga perusahaan tersebut memiliki alamat kantor dan official website yang jelas.

Di samping itu, pastikan Anda meminta profil perusahaan secara lengkap. Pelajari visi misi perusahaan, NIB (nomor induk berusaha), SBU (sertifikat badan usaha), serta tenaga ahli yang akan dilibatkan dalam proses pengurusan SLF bangunan gedung.

Perlu diketahui juga, perusahaan yang baik dan terpercaya bukan hanya memiliki legalitas yang lengkap, melainkan juga visi misi dan budaya kerja yang jelas. Dengan begitu, Anda akan mengetahui seberapa baik kualitas perusahaan yang akan dilibatkan sebagai mitra pengurusan SLF.

2. Lihat pengalaman kerjanya

Setelah Anda mengecek kelengkapan legalitas, visi misi, dan budaya kerja perusahaan, pertimbangkan juga untuk melihat pengalaman perusahaan. Pelajari secara detail nama perusahaan beserta lokasi-lokasi pekerjaan yang pernah ditangani dalam dua tahun terakhir ini.

Bagi perusahaan yang sudah lama berdiri, tentu akan memiliki banyak pengalaman. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sekarang. Jika Anda ingin mengurus SLF, pastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki pengalaman dalam pengurusan SLF, bukan lainnya.

Jika diperlukan, Anda dapat meminta secara detail jenis pekerjaan yang ditangani perusahaan tersebut, baik itu mengenai besaran luasan, fungsi bangunan gedung, hingga besaran nilai pekerjaannya.

3. Minta rekomendasi

Meminta rekomendasi pada rekan kerja atau perusahaan yang sudah berpengalaman dalam pengurusan SLF tentu dapat menjadi opsi yang tepat. Dengan begitu, Anda makin mantap saat memilih penyedia jasa konsultan SLF.

4. Kumpulkan beberapa calon mitra, bandingkan kualitasnya

Jangan terburu-buru dalam memilih konsultan SLF, apalagi tergiur dengan harga dan layanan yang ditawarkan. Ada baiknya Anda melakukan review pada beberapa perusahaan terlebih dulu. Jika diperlukan, mintalah mereka untuk melakukan presentasi dan penjelasan alur kerja.

Anda pun dapat melakukan proses negosiasi secara langsung. Dengan begitu, Anda bisa mengukur kualitas dari tiap-tiap perusahaan dan memilih satu di antara beberapa perusahaan konsultan SLF terbaik menurut tim Anda.

Sekali lagi, jangan terlalu tergiur dengan harga dan layanan yang murah, sementara kualitas yang ditawarkan belum dapat Anda bayangkan.

Nah, itulah beberapa tips cara memilih konsultan SLF atau sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Kami berharap Anda dapat menemukan mitra yang tepat sebelum benar-benar menandatangani kontrak kerja sama dalam pengurusan dan penerbitan SLF.

Pengkaji Teknis sebagai mitra konsultan SLF terpercaya

Jika Anda kesulitan untuk menemukan konsultan SLF terpercaya, mempercayakan pengurusan SLF kepada kami dapat menjadi opsi yang tepat.

Dalam dua tahun terakhir ini, perusahaan kami terlibat dalam pengurusan SLF di beberapa kawasan industri, baik di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun wilayah DI Yogyakarta.

Didukung oleh talenta muda dan tenaga ahli bersertifikasi yang profesional, Pengkaji Teknis telah menyelesaikan pekerjaan SLF di beberapa kota besar. Pengkaji Teknis juga secara aktif terlibat sebagai konsultan bagi instansi-instansi pemerintah dalam urusan studi kelayakan/feasibility study untuk pengembangan kawasan di beberapa daerah, seperti Wonogiri, Kendal, Cilacap, Semarang, Grobogan, Temanggung, Boyolali, Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Tegal, dan Brebes.

Post a comment

Your email address will not be published.

Artikel relevan